Apa Itu Web Hosting?

Kembali lagi bersama CekHosting. Moga makalah berikut ini secara mendasar semakin mencerahkan mengenai tinjauan perusahaan hosting terbaik, dan sharing kumpulan kupon kode promo, serta beragam panduan membuat website/blog.

Apa itu perusahaan web hosting? Ada beberapa penjelasan yang bisa kita jabarkan tentang apa itu perusahaan web hosting, atau tepatnya penyedia jasa aktivitas hosting. Kita bisa mengatakan bahwa ini adalah jasa aktivitas hosting, yang menawarkan tempat penyimpanan data untuk Website kita supaya bisa online.

Perusahaan seperti ini biasanya memiliki beberapa server yang ditaruh di data center (seperti di PT DCI Indonesia misalnya), dan mereka menyewakan penyimpanan data bagi Anda yang ingin menjadikan website Anda dapat dilihat siapapun di seluruh dunia. Mereka juga memberikan layanan konsumen dan melakukan apapun yang mereka bisa agar website anda bisa berjalan selancar mungkin.

HOT DEALS! Menangkan discount special dari Niagahoster, salah satu hosting terbaik di Indonesia. Detailnya bisa dilihat di penjelasan kupon promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca review lebih lanjut di post ulasan Niagahoster.

Ringkasan Cara Kerja Web Hosting?

Ringkasnya adalah kita sebagai konsumen upload file dan database yang kita miliki ke server hosting yang kita sewa. Selain itu kita perlu untuk menyambungkan dokumen yang telah kita beli ke server yang disediakan oleh web hosting. Setiap web hosting memiliki instruksi bagaimana untuk mengerjakan semua hal itu, dan setiap mereka juga memiliki customer service yang bisa kita contact untuk memberikan bantuan jika kita tidak mengerti apa yang diinstruksikan.

Tipe Web Hosting

Ada beberapa tipe web hosting yang banyak beredar di pasaran. Umumnya mereka menawarkan fungsi, kapasitas dan fitur yang berbeda, akan tetapi secara umum mereka bekerja dengan cara yang sama.

Yang terkenal adalah hosting dengan tipe layanan shared hosting dan VPS. Shared adalah hosting yang mengumpulkan beberapa ratus atau user di dalam satu server yang sama, yang memungkinkan pihak web hosting untuk memberikan harga murah karena satu server dibagi biayanya ke ratusan hingga ribuan konsumen. Adapun VPS adalah layanan yang lebih premium di mana satu server hanya dibagi beberapa atau beberapa puluh user saja.

Ada juga yang lebih premium yaitu dedicated hosting, di mana satu server disewakan hanya untuk satu pengguna saja. Untuk pembagian ini penjelasan lebih detailnya sudah kami tulis pada artikel sebelumnya.

Bukan Jasa Pengolahan Data

Terkadang sebagian orang salah berpikir bahwa jasa web hosting adalah jasa pengolahan data website. Ini tidak benar. Jasa web hosting bukanlah jasa pengolahan data, akan tetapi hanyalah penyediaan space atau kapasitas penyimpanan data.

Jika anda ingin menjadikan web hosting sebagai pusat pengolahan data bisa juga sih memang. Tetapi untuk ini anda mungkin perlu menyewa server dengan tipe VPS atau dedicated, selanjutnya anda mengkonfigurasi sendiri aplikasi anda untuk mengolah data yang anda miliki. Dari pihak penyedia jasa hosting sendiri tidak akan membantu Anda mengelola data mereka hanya menyediakan hardware dan jaringan yang dibutuhkan.

Bisa Untuk Video Streaming?

Secara teknis ya betul bisa, server hosting yang Anda gunakan bisa dilakukan untuk melakukan streaming. Tapi hanya dan hanya jika video yang anda upload tidak terlalu banyak memakan space dan bandwidth. Karena umumnya jasa web hosting memiliki batas kapasitas yang bisa dipakai, dan juga batas bandwidth yang boleh digunakan.

Jika video anda sudah banyak sekali jumlahnya, sehingga memakan banyak tempat, atau pengunjung video anda sudah banyak sehingga memakan banyak duit mungkin akun Anda akan kena suspend.

Solusinya Anda bisa upgrade ke paket server yang lebih besar. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa hosting untuk streaming, karena di luar sana ada beberapa jasa hosting yang memang spesialis di bidang ini. Khusus hosting video.

Untuk Hosting Aplikasi

Apakah di web hosting kita bisa menggunakannya untuk melakukan penyimpanan data aplikasi kita? Jawabannya bisa, bisa untuk aplikasi hosting.

Namun perlu diingat umumnya untuk hosting yang murah menyediakan jasa aplikasi berbasis web saja, dan umumnya memakai arsitektur LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP). Walau untuk sekarang Apache sudah mulai digantikan Litespee dan MySQL sudah mulai digantikan MariaDB.

Jika yang anda maksudkan adalah aplikasi berat berbasis system Linux dan GUI, bukan PHP-SQL, atau bahkan aplikasi berbasis sistem operasi Windows, maka umumnya di jasa hosting yang murah meriah tidak bisa anda lakukan.

Alternatifnya anda bisa menyewa VPS/Dedicated Server khusus yang bisa Anda pasangi aplikasi berbasis GUI atau berbasis Sistem Operasi Windows. Jangan lupa bahwa akan ada biaya lisensi jika Anda menggunakan sistem operasi Window

Apa Itu Cloud Computing?

Pada intinya cloud computing sudah meliputi apa yang dimaksud cloud hosting. Intinya dari cloud computing adalah penyewaan hardware dan network komputer atau server yang berbasis internet. Karena kalau di sini artinya bukan awan akan tetapi sebuah istilah yang bermakna internet.

Anda bisa tanyakan pada para teknisi jaringan, apa itu makna cloud? Niscaya mereka akan menjawab bahwa cloud adalah internet itu sendiri.

Web Hosting Secara Ringkas

Secara ringkas bisa disimpulkan bahwa:

  • jasa web hosting adalah jasa online di mana kita menyewa tempat untuk menitipkan data website kita sehingga dapat diakses siapapun dari manapun
  • website perlu untuk ditaruh di sebuah hosting supaya dapat dilihat dari seluruh dunia
  • berbagai jasa web hosting berbeda menawarkan fungsi yang berbeda serta kapasitas yang berbeda, coba berbagai fitur yang berbeda
  • tidak hanya mengonlinekan website kita, jasa web hosting juga biasanya memberi jasa tambahan lain seperti memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima email melalui server mereka

Itu saja yang bisa kami jelaskan pada entry berikut ini. Moga-moga entry berikut ini secara mendasar bisa mencerahkan tentang ulasan web hosting terbaik, dan sharing info koleksi kupon promo, juga koleksi ulasan tentang tips membuat blog/website.

Senada dengan tutorial yang telah lalu, misalkan Anda punya pertanyaan, perbaikan atau klarifikasi, langsung saja sampaikan pada kotak komentar di bawah. Yuk bersama-sama saling bertukar pengetahuan yang bermanfaat.

Leave a Comment