Pengaturan Email di Hosting cPanel

Jumpa kembali bersama kami team Cek Hosting. Semoga tulisan ini secara overview semakin mencerahkan terkait review web hosting terbaik, juga sharing informasi koleksi kode promo, dan ragam informasi membuat website/blog.

Salah satu hal yang paling penting dalam layanan hosting adalah email. Kenapa email? Karena email adalah tulang punggung komunikasi antar satu orang dengan yang lainnya di dunia Internet. Walaupun sekarang sudah banyak aplikasi percakapan baru fungsi email masih belum tergantikan sepenuhnya, karenanya layanan email selalu terintegrasi dengan layanan hosting.

Bagaimana cara mengatur urusan email ini menggunakan cPanel? Berikut kita bahas lebih detail.

HOT DEALS! Raih potongan harga exclusive dari Niagahoster, yang termasuk web hosting terbaik di Indonesia. Info detail bisa dilihat di section kode kupon promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca tinjauan lebih detail di laman review Niagahoster.

Pada beberapa paragraf di bawah kita akan membahas sebagian icon yang ada pada gambar diatas. Gambar diatas adalah tampilan menu email pada cPanel. Ada banyak opsi pengaturan email yang bisa kita atur melalui cPanel ini.

Kita akan bahas beberapa fitur inti yang menurut kami paling penting diketahui.

Yang pertama adalah pembuatan akun email, anda bisa mengaturnya pada ikon email accounts. Misalnya Anda bisa menambah dan mengurangi akun email, mengganti password dan melakukan login kepada mailbox.

Berikutnya ada fungsi forwarder, ini adalah fungsi untuk meneruskan email yang masuk ke kotak email anda ke alamat lain yang biasa anda gunakan. Enakan Gmail atau Yahoo Mail. Ini akan sangat berguna agar Anda cukup membuka satu email utama saja, misalnya Gmail Anda, dan tidak harus membuka banyak akun email berbeda untuk menerima pesan terbaru.

Berikutnya ada fitur autoresponder, ini adalah fitur untuk memberikan jawaban otomatis terhadap alamat email yang anda tentukan di dalamnya. Anda bisa gunakan fitur ini jika ingin membuat orang yang mengirimkan email kepada Anda merasa diperhatikan dengan lebih baik.

Berikutnya Anda bisa membuat mailing list, yakni Anda seperti membuat grup chatting menggunakan email, inilah cara komunikasi yang populer dulu sebelum instant messenger booming di seluruh dunia. Di sini setiap email yang terdaftar akan otomatis menerima email dari anggota lainnya yang mereply percakapan di mailing list.

Berikutnya Anda bisa melakukan filtering pada email yang masuk menggunakan menu email filters, disini anda bisa membuat rules atau aturan email dari alamat tertentu harus diapakan? Email dari alamat lainnya harus diapakan pula? Gunanya akan mempermudah Anda dalam menata posisi email. Misalkan email dengan judul “Kupon Promo” Anda masukkan ke folder “Promo”, maka nanti setiap Anda butuh info promo cukup buka folder tersebut.

Ada juga menu email deliverability, gunanya adalah untuk melakukan testing Apakah email terkirim atau tidak. Di sini Anda bisa mengetahui sumber masalah jika ada email-email yang Anda kirimkan tidak masuk ke inbox tapi masuk ke spam folder penerima.

Ada juga fitur spam filter, fitur ini membuat anda bisa mengatur seagresif apa filtering spam ada akun Anda. Anda juga bisa melihat mengapa ada email yang masuk ke dalam spam filter Anda misalnya, lalu mengecek faktor apa saja yang membuat sebuah email tertentu tergolong spam.

Berikutnya juga anda calendars and contacts, yang dapat anda gunakan seperti agenda dan juga seperti buku alamat seluruh kontak-kontak anda. Bayangkan ini seperti Google Contacts di handphone Anda, jika Anda memakai handphone berbasis Android.

Anda juga bisa mengecek jumlah penggunaan space email anda pada menu email disk usage. Selanjutnya Anda bisa menghapus email-email yang dirasa besar dan memenuhi jatah cPanel Anda, atau bisa juga Anda minta upgrade paket hosting jika dirasa diperlukan.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan filter yang versi profesional jika web hosting Anda menggunakan layanan seperti spamexperts pada menu profesional spam filter. Pengaturan ini lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke pihak hosting agar hasilnya optimal.

Demikianlah penjelasan singkat dari menu-menu terkait email di dalam cPanel. Untuk detailnya Anda silakan mengklik satu-satu ikon tersebut dan mempelajari apa saja fitur yang terdapat di dalamnya.

Demikian yang bisa kami tuliskan pada jurnal kali ini. Harapan kami coretan kali ini secara luas bisa menambah ilmu seputar tinjauan hosting terbaik, serta berbagi info kumpulan kupon kode promo, juga kumpulan postingan terkait tips membuat blog/website.

Sebagaimana coretan yang telah lalu, andai Anda ada pertanyaan, perbaikan atau advice, boleh tulis pada area komentar di bawah. Yuk kita semua saling berbagi pengetahuan yang bermanfaat.

Leave a Comment