Pengelolaan File dan Database Hosting cPanel

Kembali lagi bersama kami cekhosting.com. Semoga posting kali ini secara luas semakin membuka wawasan tentang tinjauan jasa hosting terbaik, dan berbagi ilmu koleksi kode kupon promo, dan berbagai tips membuat website/blog.

Artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pengelolaan email menggunakan cPanel sebagai control panel di hosting kita. Selanjutnya kita akan bahas hal yang tidak kalah pentingnya yaitu pengelolaan file dan database, yang keduanya merupakan basis utama pembuatan website.

HOT DEALS! Menangkanlah potongan harga eksklusif dari Niagahoster, yang tergolong web hosting terbaik di Indonesia. Informasi lanjutan tersedia di page kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca ulasan global di posting review Niagahoster.

Penjelasan File dan Database cPanel

Ada banyak ikon yang bisa anda lihat pada cPanel home yang terkait dengan masalah file dan database. Kami tidak akan membahas semua akan tetapi membahas yang paling penting saja.

Yang pertama adalah ikon file manager. Ini akan membawa anda menjelajahi isi struktur hosting anda, seperti Windows Explorer mungkin kalau di laptop. Anda bisa membuat file dan folder baru, mengatur permission, membuat struktur file/directory.

Sebelahnya ada directory privacy, fungsinya adalah untuk mengatur akses ke direktori tertentu sehingga hanya dapat dilihat oleh pihak tertentu saja yang Anda tentukan sendiri. Ini sangat berguna misalnya Anda ingin suatu folder tidak dapat diakses oleh orang yang tidak memiliki wewenang di perusahaan Anda, atau pihak luar yang Anda tidak ingin berbagi akses dengannya.

Berikutnya ada icon bertuliskan disk usage, yang mudah ditebak intinya adalah membantu Anda mengukur berapa space yang digunakan oleh hosting Anda.

Ada juga tombol FTP accounts untuk mengatur akses FTP, mengganti password, menambah user FTP, dan lain-lain. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin agar ada web developer baru (misalnya) yang belum terlalu Anda percayai untuk mengakses seluruh file Anda. Anda bisa buatkan untuk dirinya sebuah akun FTP baru yang terbatas hanya bekerja di folder tertentu saja.

Berikutnya yang penting juga adalah menu backup. Di sini anda akan bisa melakukan full back up, home directory backup, database backup. Masuklah ke sini untuk melakukan proses backup atau recovery data hosting anda.

Sekarang kita lanjut ke menu database. Di sini ada beberapa ikon yang berkaitan tentang pengelolaan database hosting Anda.

Yang pertama adalah phpMyAdmin, yang sangat bermanfaat untuk melakukan pengelolaan database berbasis MySQL. Opsi phpMyAdmin ini sangat bermanfaat ketika Anda ingin melakukan operasi CRUD (create, retrieve, update, delete). Sebab dengan phpMyAdmin berbagai jenis query dapat divisualisasikan dengan lebih baik dan di-generate dengan lebih cepat dibandingkan dengan mengetik manual.

Berikutnya Anda juga bisa melihat ada icon My SQL databases, disini anda bisa menambah user database baru, database baru, menghubungkan user dan database, mengganti password.

Ada juga opsi Remote My SQL. Nah kalau yang satu ini dipakai untuk menghubungkan hosting anda dengan database My SQL di tempat lain. Untuk Anda yang menempatkan database terpisah dari file PHP, ini cocok sekali dipakai.

Adapun opsi PostgreSQL, PostgreSQL Databases dan phpPgAdmin kurang lebih sama saja dengan versi My SQL, hanya saja ini dikhususkan untuk Anda yang menggunakan database PostgreSQL dan bukan MySQL.

Demikian yang mampu kami haturkan pada jurnal ini. Harapan kami coretan ini secara umum mampu mencerahkan terkait review web hosting terbaik, dan sharing beragam kode promo, dan koleksi ulasan terkait tips membuat blog/website.

Senada dengan entry sebelum ini, andai Anda punya keraguan, kritik atau masukan, langsung saja utarakan pada kolom komentar di bawah. Yuk kita saling berbagi informasi yang bermanfaat.

Leave a Comment