Google Cloud Web Hosting: Review GCP

Jumpa kembali dengan cekhosting.com. Semoga ulasan ini secara mendasar bisa menambah ilmu tentang ulasan tempat hosting terbaik, dan sharing ilmu kumpulan kode kupon promo, juga berbagai tutorial membuat website/blog.

Banyak dari kita yang hanya mengetahui Google sebagai sebuah mesin pencari atau search engine. Padahal ada juga layanan layanan lain Google selain search engine itu sendiri. Yang cukup terkenal diantaranya adalah Google Plus, sebuah layanan sosial media yang sekarang sudah ditutup. Dan ada juga Google Mail atau Gmail, yang ini kami rasa pasti semua sudah kenal.

Tapi ada satu lagi yang sebenarnya cukup populer hanya saja kurang dikenal orang-orang, itu Google Web hosting yang berbasis teknologi cloud.

HOT DEALS! Menangkan potongan harga exclusive dari Niagahoster, yang merupakan web hosting terbaik di Indonesia. Info lanjutan cek di post kode kupon promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca ulasan lebih detail pada page ulasan Niagahoster.

Mengenal Google Cloud Platform

Web hosting yang disediakan Google merupakan salah satu layanan yang merupakan bagian dari kumpulan layanan GCP. GCP atau Google Cloud platform merupakan layanan komputasi berbasis seperti yang dimiliki oleh Amazon AWS, yang ini telah kita bahas pada beberapa artikel sebelumnya.

Sama seperti pakde layanan Amazon AWS, ada banyak mainan yang diberikan oleh Google Cloud Platform ini dan website hosting adalah salah satunya saja. Google Cloud Platform sendiri memiliki berbagai layanan yang meliputi layanan-layanan berbeda, di antaranya:

Layanan komputasi: yang memungkinkan penggunanya mengurangi biaya kepemilikan hardware hingga 80%, memudahkan migrasi aplikasi, dan memudahkan pembuatan virtual machine dengan performa yang tinggi.

Layanan penyimpanan: ini mirip dengan Amazon S3. Kita bisa menyimpan data berbasis object storage di sini. Terdapat juga layanan block storage yang bisa disambungkan dengan compute engine.

Layanan database: Ini adalah layanan berbasis cloud untuk menyimpan data kita dalam bentuk MySQL dan juga PostgreSQL. Jika anda telah memiliki banyak data yang perlu dipindah tidak perlu khawatir karena ada layanan migrasi database untuk mempermudah proses perpindahan data Anda.

Layanan analisa data: Untuk memerlukan kemampuan bigquery, Ggoogle Cloud Platform juga menyediakan layanan tersebut.

Artificial intelligence dan machine learning: Di Google Cloud platform selain bisa melakukan hosting website, yoga bisa membuat produk berbasis kecerdasan buatan, seperti speech to text, bahasa natural, vision AI, dan seterusnya.

Layanan networking: Untuk memproteksi website anda, hosting Anda, server Anda juga disediakan oleh Google Cloud platform. Bagi anda yang membutuhkan atau ingin membuat layanan CDN pun bisa menggunakan jasa mereka.

Developer tools: bagian yang perlu untuk melakukan development atau coding, tersedia juga Cloud Code di Google Cloud Platform.

Web Hosting di GCP

Ada beberapa layanan yang tersedia pada web hosting berbasis Google Cloud Platform. Yang paling populer adalah WordPress pada compute engine. Disini kita bisa membuat berbagai blog, website sederhana, dengan menggunakan content management system yang bersifat open source. Ini cocok untuk mereka yang memiliki traffic sedang atau rendah.

Selain itu pada kulit selain itu pada Google Cloud Platform juga tersedia LAMP stack yang terdiri atas paduan Linux, Apache web server, MySQL database, serta PHP atau racikan yang biasa disingkat sebagai LAMP. Di sini Anda tidak dibuatkan konten manajemen sistem secara otomatis, tetapi Anda harus membuat dari awal sesuai yang Anda inginkan, sesuai hasil konsultasi Anda kepada programmer yang Anda sewa.

Jika anda hanya membutuhkan website yang statis, tidak membutuhkan database, hanya konten statis saja, web hosting Google kau ini juga tersedia pilihan Firebase. Web hosting Firebase dikhususkan untuk situs yang statis saja, yang nantinya akan di-deploy ke CDN global. Hari ini akhirnya menyebabkan website selalu cepat diakses kapanpun dan dari manapun.

Pada web hosting Firebase telur websitenya sudah dilengkapi dengan protokol HTTPS, kemampuan custom domain, dan tambahan beberapa web apps tertentu.

Untuk anda yang membutuhkan hosting website dinamis tersedia layanan Cloud Run. Di sini anda bisa melakukan development menggunakan bahasa Go, Python, Java, Ruby, Node.js dan lainnya. Access database SQL bisa melalui Cloud SQL. Tersedia juga HTTPS end point untuk lebih mengamankan proses development.

Yang ingin membuat mesin virtual sendiri tersedia pilihan Compute Engine. Anda memiliki kontrol yang lebih dalam dan lebih fleksibel. Anda bisa mengkonfigurasikan server dan virtual machine sendiri, dengan pilihan penyimpanan data, CPU, GPU dan RAM yang spesifik Anda tentukan sendiri.

Itulah yang bisa kami jelaskan pada sajian berikut ini. Semoga makalah berikut ini secara umum bisa menginspirasi tentang tinjauan hosting terbaik, serta sharing beragam kode promo, serta berbagai posting seputar tips membuat blog/website.

Seperti informasi sebelumnya, apabila Anda ada permasalahan, klarifikasi atau advis, dipersilakan tulis pada area komentar yang tersedia. Mari bersama-sama saling sharing info yang berguna.

Leave a Comment