Lengkapnya Hosting Amazon Web Services (AWS)

Selamat datang lagi bersama CekHosting. Semoga tutorial kali ini secara umum dapat membuka wawasan terkait tinjauan tempat hosting terbaik, juga berbagi ilmu berbagai kupon kode promo, juga ragam tutorial membuat website/blog.

Dulu jika kita mendengar nama Amazon.com disebut, maka kita akan langsung ingat tentang sebuah toko buku terkenal. Tetapi beberapa belas tahun setelahnya toko buku itu sekarang telah berubah menjadi perusahaan e-Commerce dan teknologi terbesar di dunia. Dan salah satu layanan yang mereka berikan adalah web hosting yang sangat lengkap fiturnya, yang disebut dengan Amazon Web Services (AWS). Apa saja fiturnya? Mari kita teliti lebih jauh

HOT DEALS! Gunakanlah diskon exclusive dari Niagahoster, salah satu hosting terbaik di Indonesia. Info lanjutan terdapat di artikel kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca tinjauan global di artikel review Niagahoster.

Sekilas Tentang Hosting Amazon Web Services (AWS)

Amazon Web Services (AWS) merupakan sebuah layanan komputasi dari Amazon yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai software, hardware dan network yang mereka sediakan untuk melakukan posting aplikasi kita di internet.

Amazon Web Services (AWS) merupakan salah satu produk hosting aplikasi terpopuler di dunia memberikan berbagai kemudahan kepada konsumen.

Apa bedanya dengan jasa web hosting biasa? Oh jauh sekali. Di Amazon Web Services (AWS) ada jauh lebih banyak pilihan yang mereka berikan, sehingga memberikan fleksibilitas lebih kepada para developer, internet marketer, start up, dan berbagai pihak yang butuh dilayani oleh berbagai model jasa cloud computing.

Apa Saja Layanan Hosting Amazon Web Services (AWS)

Sebenarnya layanan AWS ini tidak terbatas pada hosting sebagaimana yang kita kenal atau hosting tradisional untuk membuat Website kita menyala dan online. Tidak seperti itu ya. Ada jauh lebih banyak lagi yang bisa di lakukan oleh AWS ini. Akan tetapi kita coba bahas yang terkait dengan teknologi hosting saja, karena expertise kami adalah di bidang ini.

Ada beberapa fitur atau layanan yang terkait dengan hosting dari AWS. Diantaranya adalah:

Amazon Lightsail, ini adalah sebuah layanan di mana anda dapat melakukan launching dan manajemen terhadap VPS atau virtual private servers.

Ini anda bisa membuat aplikasi web sederhana dengan mudah berbasis LAMP, Nginx, MEAN atau Node.js. Mungkin tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan softaculous yang biasa ada di berbagai jasa web hosting.

Dengan mudah anda bisa mempergunakan Lightsail untuk menginstal aplikasi seperti WordPress, Magento, Prestashop, dan Joomla. Anda juga bisa membuat software storage dan aplikasi finansial bisnis di sini.

Ada juga Amazon EC2, disinilah anda mengatur membuat virtual server di cloud. Anda bisa membuat dan menghapus sistem, memperbesar dan memperkecil layanan yang dipakai, dalam hitungan menit saja.

Perhitungan biaya di sini adalah pay as you go, jadi anda hanya ditanya sesuai apa yang anda pakai saja, bukan biaya bulanan seperti anda menyewa hosting biasa.

Ada pula Amazon Simple Storage Service (S3). Ini merupakan sebuah layanan tambahan dari Amazon untuk penyimpanan data berskala besar berbasis block storage. Umumnya space untuk hosting biasa tidak terlalu besar, maka anda perlu ekstensi tambahan untuk menyimpan data-data Anda, atau untuk melakukan backup. Nah di sinilah Anda bisa meletakkan file-file backup Anda.

Bagi anda yang membutuhkan tempat untuk menyimpan database dengan performa tinggi dan stabil tertinggi, coba keamanan yang luar biasa, anda bisa coba Amazon Aurora. Ini adalah managed database hosting yang memungkinkan anda untuk menaruh database aplikasi Anda secara eksternal terpisah dari server utama. Ini sangat bagus untuk pencadangan data/backup, juga bagus untuk menambah ruang penyimpanan data dari space hosting.

Untuk Anda yang sangat memperhatikan kecepatan hosting Anda, tersedia juga Amazon ElastiCache. ElsatiCache adalah bagian dari Amazon Web Services (AWS) yang membuat Anda bisa menyimpan hasil caching dari website Anda, atau hasil query SQL Anda, atau apapun yang anda perlu untuk cache.

Dengan mempergunakan cache dari ElastiCache yang sangat menghemat waktu dan CPU serta RAM dari layanan EC2 yang Anda pakai. Hasil akhirnya adalah Anda bisa membuat aplikasi berbasis cloud yang lebih cepat, dan tagihan Amazon Web Services (AWS) yang lebih ringan.

Fitur-fitur Lainnya

Ada banyak lagi bahkan puluhan fitur yang disediakan oleh Amazon AWS. Akan tetapi tidak mungkin kami bahas semuanya di artikel yang singkat ini, mudah-mudahan bisa kami tulis lebih lengkap, satu persatu pada artikel-artikel selanjutnya.

Demikian yang mampu kami ketengahkan pada coretan kali ini. Moga-moga entry kali ini secara luas mampu menambah wawasan tentang ulasan hosting terbaik, serta sharing koleksi kupon promo, juga beragam tutorial tentang tips membuat blog/website.

Seperti tulisan yang telah lalu, misalkan Anda mempunyai pertanyaan, ralat atau ralat, langsung saja cantumkan pada kolom komentar di bawah. Yuk bersama-sama saling bertukar informasi yang berguna.

Leave a Comment