Kriteria Hosting Terbaik Untuk Toko Online

Bertemu lagi dengan CekHosting. Harapan kami makalah ini secara global sedikit-banyak menambah ilmu tentang review layanan hosting terbaik, serta sharing informasi ragam kupon promo, serta koleksi panduan membuat website/blog.

Sekarang sudah zamannya segala hal di onlinekan termasuk berjualan. Karenanya sangat umum kita temui berbagai barang dijual di toko-toko online. Nah jika anda termasuk orang yang ingin membuat toko online, perlu ada beberapa pertimbangan sebelum menentukan hosting yang akan anda pakai. Berikut kami bantu untuk menjabarkan apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memilih hosting terbaik untuk toko online.

HOT DEALS! Gunakan discount special dari Niagahoster, yang tergolong hosting terbaik di Indonesia. Info detail ada di post kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca tinjauan global pada section tinjauan Niagahoster.

10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Hosting Toko Online

Ada 10 hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih hosting untuk toko online Anda. Satu saja faktor ini tidak diperhatikan dengan baik, atau kurang terpenuhi, misal membahayakan toko online Anda atau mengurangi keuntungan Anda. Di antara yang perlu anda perhatikan adalah:

  1. Kompatibilitas dengan software toko online yang Anda gunakan.

Partikel hosting yang Anda gunakan mendukung aplikasi software toko online yang kena pakai. Misalkan Anda memakai WordPress sebagai basis, anda masuk WordPress. Jika Anda memakai yang lain seperti OpenCart misalnya, atau mungkin Prestashop, pastikan juga hal tersebut didukung di hosting anda.

  1. Masalah keamanan atau security

Jangan main-main dengan keamanan atau security data. Jika data Anda dibobol, atau data pelanggan Anda terbuka kemana-mana, siap-siap anda mengalami kerugian atau bahkan kehilangan uang yang jumlahnya bukan main-main.

Bukan hanya masalah itu saja, kepercayaan pelanggan terhadap anda pun akan hilang dan kepercayaan ini susah sekali untuk dibangun jika sebelumnya telah ternoda.

  1. Uptime dari hosting

Termasuk yang penting saat Anda pertimbangkan saat memilih hosting untuk toko online Anda adalah seberapa bagus uptime dari hosting yang akan digunakan. Tentunya anda tidak ingin ketika customer anda ternyata website anda sedang kondisi down.

Semakin tinggi uptime maka semakin bagus, sebaliknya semakin rendah maka semakin buruk. Carilah hosting dengan angka uptime mendekati 100%. Kenapa kamu bilang mendekati bukan 100%? Karena tidak ada yang bisa mencapai 100% bahkan perusahaan terbesar sekalipun, akan tetapi mendekati sudah cukup bagus.

  1. Kecepatan atau speed

Banyak penelitian menunjukkan bahwa semakin cepat sebuah website dibutuhkan maka semakin senang orang untuk berbelanja di sebuah toko online. Karenanya pastikan website Anda berjalan dengan cepat, dan hal itu bisa anda raih dari jasa hosting yang bagus.

Memang untuk mendapatkan speed yang lebih tinggi biasanya kita perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli paket yang lebih tinggi, tetapi anggap saja itu biaya operasional.

  1. Customer service atau layanan konsumen

Sudah pasti Anda di suatu saat akan mengalami masalah dengan toko online Anda, masalah teknis maksudnya. Kami bukan sedang mendoakan tetapi ini adalah fakta yang pasti terjadi.

Dalam kondisi seperti ini tentu Anda membutuhkan support dari pihak hosting, agar masalah yang muncul bisa segera diselesaikan dan toko Anda langsung dapat melayani pelanggan seperti normal. Karenanya pilihlah posting dengan customer support yang handal dan dapat dipercaya.

  1. Alamat email

Pastikan juga Anda bisa membuat alamat email dengan nama domain toko online. Nama email dengan alamat domain toko anda akan meningkatkan ras atau kepercayaan dari konsumen dibandingkan jika Anda menggunakan email gratisan seperti dari Google Mail atau Yahoo Mail.

  1. Fitur SEO

Bagian hosting memberikan fitur SEO yang memungkinkan anda untuk meraih ranking lebih tinggi di hasil pencarian Google Search. SEO ini sangat penting supaya website anda bisa bersaing muncul di atas hasil pencarian Google, dari kompetitor anda.

Semakin tinggi posisi anda bilang ke pencarian Google maka semakin banyak orang yang akan datang ke website Anda, yang otomatis tentunya akan membuat kesempatan melakukan penjualan menjadi lebih besar.

  1. Website builder

Cek di halaman penawaran jasa hosting yang Anda gunakan, apakah mereka menawarkan fitur website builder? Website builder adalah fitur dari control panel biasanya, yang akan membantu anda untuk mendesain toko online dengan mudah dan cepat menggunakan berbagai template yang disediakan.

Website builder juga membuat Anda lebih cepat dalam lakukan editing pada web toko online. Penggunaannya mudah biasanya cukup drag and drop saja.

  1. Backup harian

Terkadang kita salah melakukan edit pada website kita, kalau kita ingin mengembalikan kondisi website kita ke sebelumnya. Untuk bisa melakukan hal tersebut kita tentunya memerlukan backup data, sehingga bisa di restore ke kondisi yang sebelumnya telah dibackup.

Jika anda memiliki hosting yang tidak menyediakan file backup, maka apa jadinya? Maka pastikan hostingan menyediakan backup harian supaya Anda dapat dengan mudah melakukan restorasi ke data terbaru jika ada masalah.

  1. Ruang untuk berkembang

Harapan setiap pemilik toko online adalah website mereka menjadi populer, terkenal, maksudnya semakin banyak dan semakin membesar. Dan Kami yakin anda pun ingin untuk seperti itu.

Maka pastikan tempat hosting Anda ini bisa menampung aspirasi Anda. Tanyakan kepada mereka, yaitu pihak hosting, tentang apakah mereka bisa mengakomodir jika website yang kita kelola sekarang menjadi lebih besar dan lebih berkembang.

Apakah ada paket lebih tinggi yang mereka sediakan? Berapa pengunjung per harinya bisa mereka tangani? Fitur spesial apa yang mereka persiapkan? Tanyakan semuanya supaya Anda yakin bahwa tempat hosting ini bisa membantu anda memberikan peluang untuk berkembang.

Itu saja yang bisa kami haturkan pada tutorial berikut ini. Moga sajian berikut ini secara overview bisa menambah wawasan mengenai ulasan hosting terbaik, serta sharing informasi kumpulan kode kupon promo, dan kumpulan jurnal terkait informasi membuat blog/website.

Masih seperti makalah sebelum ini, andaikan Anda mempunyai unek-unek, ralat atau advis, tidak perlu ragu cantumkan pada kotak komentar yang tersedia. Mari kita saling sharing informasi yang berguna.

Leave a Comment