Mengecek Uptime dan Kecepatan Hosting Dengan Uptime Robot

Jumpa lagi bersama cekhosting.com. Moga ulasan kali ini secara overview sukses memahamkan seputar tinjauan perusahaan hosting terbaik, serta berbagi informasi koleksi kupon promo, dan kumpulan tutorial membuat website/blog.

Untuk bisa menentukan mana web hosting yang memberikan kualitas layanan terbaik kita tidak bisa mengandalkan subjektivitas kita saja. Maksud objektivitas disini adalah perasaan, bukan sesuatu yang bisa diukur dengan pakai dengan angka. Contoh objektivitas seperti perasaan layanan customer servicenya menyenangkan, video atau tampilan website yang bagus. Seperti itu.

Memang itu bisa menjadi salah satu dasar penilaian tapi bukan yang utama. Yang utama menurut kami adalah penilaian yang bersifat objektif. Nah di antara cara untuk bisa menilai dengan objektif adalah menggunakan tools yang tepat.

Salah satunya adalah dengan menggunakan UptimeRobot, sebuah tools untuk memantau uptime dan loading speed dari sebuah website.

HOT DEALS! Gunakan discount limited edition dari Niagahoster, yang tergolong web hosting terbaik di Indonesia. Info selanjutnya ada di posting kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca ulasan global pada artikel tinjauan Niagahoster.

Sekilas Mengenai UptimeRobot

UptimeRobot adalah salah satu tools yang paling berguna yang pernah kamu subscribe atau kami langgani. Gunanya UptimeRobot adalah untuk memonitor apakah suatu website menyala atau mati.

Bagaimana melakukannya? Caranya dia mencoba untuk membuka URL website yang kita tentukan dalam interval waktu yang kita tentukan. Contohnya jika kita tentukan untuk membuka cekhosting.com setiap 1 menit sekali, maka dia akan membuka website cekhosting.com setiap 1 menit sekali juga.

Nah, jika ketika dia mencoba membuka cekhosting.com tapi ternyata tidak bisa maka dia akan menandai bahwa website cekhosting.com perlu diperiksa lebih lanjut.

Jika sudah seperti ini maka dia akan mencoba untuk membuka website cekhosting.com sekali lagi dari server UptimeRobot yang berada di kota lainnya. Jika tetap tidak bisa dibuka juga dari kota lainnya, maka dipastikan bahwa cekhosting.com sedang down/mati.

Berikutnya, sesuai setting yang kita tentukan di dashboard member area UptimeRobot, kita akan mendapat email/SMS peringatan bahwa website kita dalam keadaan mati dan perlu untuk segera diperbaiki.

Perlu dicatat bahwa saat artikel ini ditulis UptimeRobot melakukan pengecekan utama dari server mereka di Dallas, Amerika Serikat. Jika tidak bisa dibuka dari Dallas barulah mereka melakukan checking berikutnya dari kota yang lain.

Bisa Juga Untuk Mengetes Loading Speed Website

Setiap UptimeRobot melakukan pengecekan terhadap suatu website apakah hidup atau mati, dia akan selalu mencatat statistik dari website yang dia check. Sebagaimana bisa dilihat pada gambar diatas. Atau bisa dikatakan ini adalah cara menggunakan UptimeRobot untuk mengukur stabilitas sebuah web hosting.

Dan bisa dilihat pada gambar di atas, bahwa selain dari angka uptime yang muncul ada juga angka response time, atau kecepatan sebuah website dalam melayani request yang diminta oleh UptimeRobot.

Dari sini terlihat bahwa kita juga bisa menjadikan UptimeRobot sebagai sebuah alat untuk mengukur kecepatan/speed dari sebuah website, atau performa dari sebuah web hosting.

Maka jika anda ingin untuk bisa mengukur uptime atau stabilitas dari sebuah layanan hosting, sekaligus mengukur kecepatan atau performa dari sebuah web host, Anda bisa menggunakan UptimeRobot untuk mengerjakan kedua hal tersebut sekaligus.

Itu saja yang dapat kami tuliskan pada tutorial kali ini. Moga coretan kali ini secara global dapat memahamkan terkait review hosting terbaik, juga sharing info kumpulan kupon kode promo, juga kumpulan informasi mengenai panduan membuat blog/website.

Sama dengan entry yang lalu, apabila Anda ada unek-unek, koreksi atau saran, tidak perlu ragu tulis pada kotak komentar di akhir artikel. Mari bersama-sama saling berbagi pengetahuan yang bermanfaat.

Leave a Comment