Mengecek Uptime dan Kecepatan Hosting Dengan Uptime Robot

Bertemu kembali bersama CekHosting. Moga makalah kali ini secara mendasar bisa mencerahkan terkait ulasan hosting terbaik, serta berbagi ilmu berbagai kupon kode promo, dan koleksi tips membuat website/blog.

Untuk bisa menentukan mana web hosting yang memberikan kualitas layanan terbaik kita tidak bisa mengandalkan subjektivitas kita saja. Maksud objektivitas disini adalah perasaan, bukan sesuatu yang bisa diukur dengan pakai dengan angka. Contoh objektivitas seperti perasaan layanan customer servicenya menyenangkan, video atau tampilan website yang bagus. Seperti itu.

Memang itu bisa menjadi salah satu dasar penilaian tapi bukan yang utama. Yang utama menurut kami adalah penilaian yang bersifat objektif. Nah di antara cara untuk bisa menilai dengan objektif adalah menggunakan tools yang tepat.

Salah satunya adalah dengan menggunakan UptimeRobot, sebuah tools untuk memantau uptime dan loading speed dari sebuah website.

HOT DEALS! Raihlah potongan harga besar dari Niagahoster, yang tergolongkan hosting terbaik di Indonesia. Detail lebih lanjut ada di halaman kupon promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca review terkait di penjelasan review Niagahoster.

Sekilas Mengenai UptimeRobot

UptimeRobot adalah salah satu tools yang paling berguna yang pernah kamu subscribe atau kami langgani. Gunanya UptimeRobot adalah untuk memonitor apakah suatu website menyala atau mati.

Bagaimana melakukannya? Caranya dia mencoba untuk membuka URL website yang kita tentukan dalam interval waktu yang kita tentukan. Contohnya jika kita tentukan untuk membuka cekhosting.com setiap 1 menit sekali, maka dia akan membuka website cekhosting.com setiap 1 menit sekali juga.

Nah, jika ketika dia mencoba membuka cekhosting.com tapi ternyata tidak bisa maka dia akan menandai bahwa website cekhosting.com perlu diperiksa lebih lanjut.

Jika sudah seperti ini maka dia akan mencoba untuk membuka website cekhosting.com sekali lagi dari server UptimeRobot yang berada di kota lainnya. Jika tetap tidak bisa dibuka juga dari kota lainnya, maka dipastikan bahwa cekhosting.com sedang down/mati.

Berikutnya, sesuai setting yang kita tentukan di dashboard member area UptimeRobot, kita akan mendapat email/SMS peringatan bahwa website kita dalam keadaan mati dan perlu untuk segera diperbaiki.

Perlu dicatat bahwa saat artikel ini ditulis UptimeRobot melakukan pengecekan utama dari server mereka di Dallas, Amerika Serikat. Jika tidak bisa dibuka dari Dallas barulah mereka melakukan checking berikutnya dari kota yang lain.

Bisa Juga Untuk Mengetes Loading Speed Website

Setiap UptimeRobot melakukan pengecekan terhadap suatu website apakah hidup atau mati, dia akan selalu mencatat statistik dari website yang dia check. Sebagaimana bisa dilihat pada gambar diatas. Atau bisa dikatakan ini adalah cara menggunakan UptimeRobot untuk mengukur stabilitas sebuah web hosting.

Dan bisa dilihat pada gambar di atas, bahwa selain dari angka uptime yang muncul ada juga angka response time, atau kecepatan sebuah website dalam melayani request yang diminta oleh UptimeRobot.

Dari sini terlihat bahwa kita juga bisa menjadikan UptimeRobot sebagai sebuah alat untuk mengukur kecepatan/speed dari sebuah website, atau performa dari sebuah web hosting.

Maka jika anda ingin untuk bisa mengukur uptime atau stabilitas dari sebuah layanan hosting, sekaligus mengukur kecepatan atau performa dari sebuah web host, Anda bisa menggunakan UptimeRobot untuk mengerjakan kedua hal tersebut sekaligus.

Demikian yang bisa kami tuliskan pada informasi ini. Moga-moga tulisan ini secara general bisa memahamkan mengenai review hosting terbaik, serta berbagi beragam kode promo, serta berbagai tulisan mengenai panduan membuat blog/website.

Senada dengan postingan yang telah lalu, bilamana Anda memiliki pertanyaan, klarifikasi atau advis, tidak perlu ragu sampaikan pada kolom komentar di bawah. Ayo kita semua saling bertukar informasi yang berguna.

Leave a Comment