Menggunakan Softaculous di cPanel Hosting

Jumpa lagi bersama kami cekhosting.com. Moga posting kali ini secara umum sukses menginspirasi terkait tinjauan hosting terbaik, dan berbagi info beragam kupon promo, juga berbagai tutorial membuat website/blog.

Menginstal aplikasi berbasis website sebenarnya tidak terlalu susah, … untuk mereka yang memang ahli dalam bidang IT. Akan tetapi untuk banyak orang mungkin hal ini bukanlah hal yang mudah. Karenanya perlu ada solusi untuk mempermudah instalasi aplikasi di server. Softaculous mencoba untuk menjawab permasalahan tersebut.

HOT DEALS! Raihlah diskon spesial dari Niagahoster, yang terkategori web hosting terbaik di Indonesia. Informasi selanjutnya bisa dilihat di post kode kupon promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca review terkait di laman ulasan Niagahoster.

Mengenal Softaculous Apps Installer

Softaculous bukanlah sebuah nama yang asing di dunia wasting. Aplikasi sederhana ini ini adalah salah satu alat penting yang selalu dibutuhkan oleh setiap jasa web hosting terbaik di dunia.

Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan Softaculous maka proses instalasi Aplikasi pada server menjadi jauh lebih mudah, sehingga mudah dilakukan oleh orang yang awam masalah IT sekalipun. Ini saya akan Anda memasang Google Play Store di handphone, anda cukup membeli aplikasi yang akan diinstal lalu klik install dan selesailah. Nah kira-kira yang dilakukan oleh Softaculous di hosting berbasis cPanel.

Softaculous adalah sebuah autoinstaller yang sangat terkenal dan memiliki 382 skripsi di dalamnya. Terdapat juga 1115 PHP class yang terus ditambahkan juga setiap waktunya oleh tim Softaculous. Sudah jutaan orang yang terbantu menginstal aplikasi dengan jauh lebih mudah menggunakan Softaculous. Walaupun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cPanel perlu diketahui juga bahwa Softaculous ini pun berjalan di control panel yang lain seperti Plesk, DirectAdmin, InterWorx, H-Sphere.

Ada banyak sekali script yang terdapat di dalam Softaculous ini. Mulai yang sangat terkenal seperti Softaculous, lalu Joomla, phpBB, Abante Cart, SMF, WHMCS, My BB, PH7CMS, Dolphin, Laravel, … dan lain sebagainya. Namun menurut kami kebanyakan pengguna hosting kemungkinan hanya memakai WordPress atau Joomla.

Bagaimana Cara Memakai Softaculous?

Untuk menjalankan Softaculous sangat mudah. Dan aku sangat cepat, dalam hitungan 1-2 menit mungkin anda sudah bisa melakukan instalasi berbagai script yang tersedia di dalamnya. Langkagnya pun sederhana, hanya 1-2 langkah mudah saja.

Contohnya jika anda ingin menginstal WordPress di hosting cPanel anda, maka cukup masuk ke cPanel home, cari menu Softaculous dan klik pada icon WordPress. Seperti ini:

Selanjutnya pilihlah aplikasi/CMS yang ingin Anda install. Pada kasus kita karena ingin menginstall WordPress maka kita pilih WordPress, seperti berikut:

Selanjutnya masukkan data yang ingin Anda jadikan identitas blog berbasis WordPress yang sedang Anda buat ini. Masukkan judul dan deskripsi website yang relevan. Untuk username dan email silakan disesuaikan dengan username dan password yang menurut Anda sesuai. Untuk password akan digenerate otomatis oleh Softaculous, dia pilihkan yang rumit dan susah ditebak:

Jika dirasa sudah tepat, scroll ke bawah dan klik install untuk melanjutkan proses instalasi, seperti di bawah:

Pada tahap ini selesailah sudah proses instalasi WordPress dan dapat segera Anda pergunakan untuk mempublish ide-ide Anda ke seluruh dunia.

Demikianlah yang dapat kami ketengahkan pada jurnal ini. Semoga artikel ini secara global dapat mencerahkan mengenai review hosting terbaik, juga berbagi info berbagai kode promo, serta beragam tutorial seputar tutorial membuat blog/website.

Masih seperti jurnal sebelum ini, andaikan Anda ada keraguan, kritik atau advice, boleh tulis pada kotak komentar yang tersedia. Ayo bersama-sama saling sharing pengetahuan yang bermanfaat.

Leave a Comment