Hosting Tips: Menggunakan Ekstensi Domain Yang Tepat

Jumpa kembali dengan CekHosting. Semoga makalah kali ini secara overview semakin menambah ilmu seputar ulasan perusahaan hosting terbaik, serta berbagi info beragam kode kupon promo, juga ragam cara membuat website/blog.

Dalam meng-online-kan website, kita tidak hanya perlu untuk memiliki hosting yang tepat. Karena komponen penting dalam mengonlinekan brand kita, lembaga kita, jasa kita, bukan hanya masalah hosting yang cepat dan stabil. Kita juga perlu untuk memiliki domain yang sesuai dan menggunakan ekstensi yang tepat agar brand kita menjadi tepat guna.

Bagaimana caranya agar kita bisa memilih ekstensi domain yang tepat? Berikut kita bahas sebagian tipsnya di bawah.

Struktur Alamat Sebuah Website

Sebelum kita lanjutkan, kita harus mengetahui bahwa sebuah alamat di website tersusun atas beberapa bagian. Coba perhatikan link berikut:

https://example.com/this-post.html

Perhatikan link di atas. Link tersebut terdiri atas beberapa bagian.

  1. URL, link di atas nama resminya adalah URL. Jadi kalau ditanya mana URL-nya? Jawabannya seluruh bagian di atas, yakni https://example.com/this-post.html
  2. Protokol, yaitu bagian yang menjelaskan teknologi atau sistem transport data yang dipakai sebuah website. Pada kasus ini protokolnya adalah https
  3. Domain, yaitu nama dari sebuah website. Di sini yang menjadi domain adalah example
  4. Ekstensi domain, yaitu bagian setelah nama domain yang menjelaskan jenis domain, pada kasus kita adalah .com
  5. Terakhir, path, yaitu halaman di dalam sebuah domain mana yang ingin dituju. Pada contoh di atas adalah halaman this-post.html

Nah, yang akan kita bahas pada artikel kita kali ini adalah bagian keempat, yaitu ekstensi domain dan mengapa kita perlu memilih ekstensi yang tepat untuk website kita. Ekstensi ini bisa berupa .com, .net., .org, .info, .id, .us, .host, .xyz, .store, .tv, dan lain sebagainya.

HOT DEALS! Dapatkan potongan harga besar dari Niagahoster, yang tergolongkan web hosting terbaik di Indonesia. Info selanjutnya ada di artikel kupon kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca tinjauan terkait pada post review Niagahoster.

Mengapa Perlu Ekstensi Domain Yang Sesuai

Ada dua hal yang sangat berpengaruh pada nama bisnis yang kita miliki di dunia online, yaitu nama domain dan ekstensi. Nama domain tentunya membawa brand kita dan ekstensilah yang menunjukkan apa jenis kegiatan brand kita. Keduanya saling berhubungan erat.

Pertama domain, tentunya harus sesuai dengan jenis kegiatan yang kita lakukan, semisal tokobaju.com. Tentu tidak pas kalau kita berjualan memakai nama tokobaju.com tetapi yang kita jual adalah raket bulutangkis, tentu jauh sekali dan tidak nyambung, bahkan memusingkan pembeli. Karenanya harus sesuai antara nama domain dan produk atau jasa yang kita ketengahkan. Atau setidaknya sesuai dengan brand produk atau jasa yang kita tawarkan, misalkan BajuExact.com jika brand baju Anda adalah Exact.

Kedua, ekstensi domain. Ini juga berpengaruh pada citra brand yang kita bangun sehingga harus sesuai juga. Misalnya kita berjualan sesuatu, yang berarti kegiatan komersial, maka cocoknya memakai .com dan bukan yg .info. Karena kita menawarkan .commerce, bukan sekedar berbagi informasi.

Atau jika kita membuat website untuk keperluan organisasi, maka gunakanlah ekstensi .org (menandakan organisasi), jangan gunakan ekstensi .tv misalnya karena ekstensi .tv menandakan bahwa nama domain yang dipakai adalah channel TV. Dan seterusnya.

Kesalahan dalam memakai nama domain atau dalam menggunakan ekstensi domain bisa membuat orang bingung tentang tujuan website kita dibuat dan membuat tingkat trust/kepercayaan kepada website kita menurun.

Apa Saja Ekstensi Yang Pas Dipakai?

Kalau begitu apa ekstensi yang cocok untuk dipakai? Mungkin begitu pertanyaan Anda. Jawabannya adalah, ekstensi apa pun baik asal sesuai dengan keperluan dan tujuan website Anda. Untuk membantu memudahkan, berikut beberapa jenis ekstensi yang bisa Anda pakai dengan sedikit penjelasan maknanya:

  • .com, .co.id — untuk kegiatan commercial/komersil
  • .net, .net.id, .id — untuk berjejaring secara umum
  • .org, or.id — untuk keperluan organisasi
  • .gov, .go.id — untuk keperluan pemerintahan
  • .edu, .ac.id — untuk keperluan pendidikan
  • .info — untuk berbagi informasi secara umum
  • .biz — juga cocok untuk kegiatan bisnis
  • .xyz — untuk apa pun, tapi tidak terlalu enak dibaca
  • .tv — untuk channel TV
  • .blog — untuk Anda yang ingin menulis blog
  • .business — untuk Anda yang ingin berbisnis
  • .camera — para penggemar kamera dan fotografi cocok menggunakan ekstensi domain yang satu ini
  • .ceo — ditujukan bagi para top level executives di perusahaan besar
  • .cloud — bagi yang berkecimpung di dunia cloud computing sangat cocok untuk menggunakan ekstensi ini
  • dan seterusnya

Masih banyak lagi ekstensi domain yang bisa kita pilih dan kita beli. Intinya sih tidak perlu pusing pakai yang mana, cukup kenali website yang ingin Anda bangun diperuntukkan untuk apa? Setelah itu, carilah domain dan ekstensi apa yang sekiranya cocok untuk dipakai merepresentasikan website Anda tersebut. Selanjutnya tinggal beli hosting yang cocok dan domain yang sesuai di perusahaan jasa hosting dan domain yang Anda sukai. Selesailah sudah.

Itulah yang dapat kami tuliskan pada ulasan kali ini. Harapan kami jurnal kali ini secara global dapat memahamkan tentang tinjauan web hosting terbaik, juga sharing info berbagai kupon promo, juga beragam informasi terkait tips membuat blog/website.

Sebagaimana jurnal sebelum ini, misalkan Anda ada kebingungan, perbaikan atau saran, silakan tulis pada kotak komentar di bawah. Yuk kita semua saling berbagi informasi yang berguna.

Leave a Comment