Cloudflare Web Hosting Accelerator: Review Singkat

Selamat datang lagi dengan team Cek Hosting. Moga-moga posting kali ini secara global sedikit menginspirasi seputar review perusahaan hosting terbaik, serta sharing informasi ragam kupon promo, dan beragam cara membuat website/blog.

Kalau kita melihat berbagai halaman jasa web hosting mungkin kita akan sering membaca kata-kata bertuliskan Cloudflare. Dan biasanya di dekat kata-kata disematkan kata-kata seperti mempercepat, atau membuat aman website dan hosting kita. Sebenarnya apa itu Cloudflare dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas lebih lanjut.

HOT DEALS! Gunakanlah potongan harga khusus dari Niagahoster, salah satu hosting terbaik di Indonesia. Informasi selanjutnya tercantum di penjelasan kupon kode promo Niagahoster. Anda juga bisa membaca tinjauan terkait di posting tinjauan Niagahoster.

Mengenal Perusahaan Cloudflare

Cloudflare merupakan sebuah perusahaan jasa keamanan internet yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya mereka memiliki kantor pusat di San Francisco. Selain memberikan jasa keamanan untuk website dan web hosting mereka pun memberikan jasa untuk meningkatkan kecepatan situs Anda.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 2009, didirikan oleh Matthew Prince dan rekan-rekannya. Cloudflare terkenal dengan kemampuannya untuk menahan serangan DDoS hingga angka ratusan GB per detik. Per tahun 2020 Cloudflare memberikan layanan DNS ke lebih dari 100.000 konsumen di seluruh dunia, yang meliputi lebih dari 25.000.000 properti internet.

Cara Kerja Cloudflare Menjaga Keamanan

Bagaimana Cloudflare bisa memberikan layanan keamanan dan kecepatan kepada berbagai website dan hosting di seluruh dunia? Jawabannya dengan bertindak sebagai proxy atau perantara antara sebuah web hosting dan visitor atau pengunjung website tersebut.

Dengan posisi mereka yang berada di tengah-tengah Cloudflare menjadi leluasa untuk mengecek terlebih dahulu apakah yang sedang akan mengunjungi sebuah website yaitu pengunjung normal, robot dan crawler, ataukah orang yang berniat jahat atau komputer yang disusupi malware?

Jika yang akan mengunjungi sebuah website adalah visitor normal, maka Cloudflare akan meneruskan request ke server atau website. Jika yang melakukan request adalah crawlers atau bots, Cloudflare juga akan meneruskan request ke website tujuan. Sebaliknya jika yang datang adalah pihak yang berniat jahat atau dikenal tidak baik, Cloudflare tidak akan meneruskan request tersebut.

Dari mana Cloudflare kita mengetahui bahwa yang datang adalah normal, crawlers dan robots, atau penyerang? Jawabannya dari alamat mereka berasal atau IP address. Umumnya para penyerang, crawlers dan robots, memiliki IP address tertentu yang ditandai sebagai IP address bermasalah apa IP address baik. Dari situlah mereka menentukan apakah spesies yang datang ini baik ataukah buruk.

Mereka dalam kasus ini menggunakan database global dari berbagai server yang dimiliki oleh Cloudflare. Jika sebuah IP ketahuan berbuat buruk di suatu tempat maka data tersebut akan dishare dengan seluruh jaringan Cloudflare lainnya, sehingga seluruh server Cloudflare tahu bahwa IP tersebut bermasalah. Selanjutnya data tersebut teraplikasikan juga ke seluruh web hosting dan website yang terhubung dengan jaringan Cloudflare.

Cara Kerja Cloudflare Meningkatkan Kecepatan

Tidak hanya untuk meningkatkan keamanan. Untuk meningkatkan kecepatan website dan hosting, Cloudflare juga bisa melakukannya. Caranya mereka bertindak sebagai sebuah layanan CDN, atau Content Delivery Network.

Apa itu CDN? CDN adalah sebuah sistem caching (penyimpanan sementara) data-data dibutuhkan dari sebuah website untuk dapat diakses dengan baik oleh pengguna. Saatnya data-data di sini adalah setup di dalam halaman website kita seperti gambar, video audio, JS dan CSS akan disimpan sementara di jaringan server CDN/Cloudflare. Gambar ini akan disimpan pada lokasi yang dekat dengan user atau pengguna, sehingga ketika mereka melakukan request ke website kita maka assets tersebut akan dikirim dari lokasi server terdekat dengan mereka.

Perhatikan pada contoh gambar di atas: origin server adalah lokasi server website kita yang asli. Pada contoh lokasinya ada di Amerika Timur. Adapun edge server adalah lokasi server-server dari CDN Cloudflare yang menyimpan salinan gambar, video, audio dari website kita ke berbagai lokasi seperti mereka di seluruh dunia.

Dengan melakukan replikasi data, Cloudflare melakukan caching/penyimpanan data sementara di berbagai lokasi di seluruh dunia. Maka ketika ada seorang user atau visitor yang datang dari india misalnya atau dari Indonesia, mereka akan dilayani oleh server yang berada di Singapura. Atau misalkan seorang pengguna dari Perancis akan dilayani oleh yang berada di Inggris.

Ini tentu lebih dekat dibanding harus menarik data dari Amerika Timur. Hasil akhirnya website terlihat loading lebih cepat dan lebih memuaskan konsumen/visitor yang datang, walaupun web hosting Anda berada jauh dari lokasi mereka.

Anda bisa bandingkan contoh pada gambar atas sebelah kiri, tanpa CDN maka seorang visitor harus mengambil data dari Amerika langsung, ini jauh serta lambat. Adapun pada sebelah kanan dengan CDN visitor dari Eropa tidak harus mengambil data dari jauh, cukup mengambil data dari lokasi di mana terdapat salinan data yang sama, di lokasi yang lebih dekat. Sehingga visitor dari Eropa merasakan akses website menjadi lebih cepat dibanding jika harus mengambil ke Amerika tanpa CDN.

Bagaimana Teknis Cloudflare Sehingga Bisa Melakukan Itu Semua?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana agar bisa melakukan semua hal tersebut? Dan bagaimana cara kita sebagai pengguna web hosting memanfaatkan layanan Cloudflare tersebut untuk meningkatkan kecepatan website kita?

Mudah-mudahan hal tersebut bisa kita jawab pada artikel berikutnya, untuk kali ini kita akan melakukan review tingkat saja dahulu.

Itu saja yang bisa kami haturkan pada sajian ini. Semoga jurnal ini secara garis besar bisa mencerahkan seputar ulasan web hosting terbaik, serta berbagi informasi beragam kode promo, dan kumpulan posting terkait panduan membuat blog/website.

Masih sesuai jurnal sebelum ini, bilamana Anda memiliki unek-unek, kritik atau saran, boleh cantumkan pada kolom komentar yang tersedia. Yuk kita semua saling bertukar info yang bermanfaat.

Leave a Comment